Thursday, July 12, 2018

Perangkat Video Mapping dengan Augmented Reality


Biasanya kegiatan video-mapping hanya bisa dilakukan oleh pelaku profesional saja. Namun kini amatir seperti banyak di antara kita juga bisa melakukannya.
Perangkat terbaru dari Lightform memungkinkan pengguna bisa melakukan video-mapping layaknya pelaku profesionalnya.Perangkat ini merupakan gabungan dari proyektor dengan teknologi augmented-reality (AR).Cara penggunaan perangkat ini cukup dengan laptop serta proyektor Lightform.Cara kerja dari perangkat ini adalah memindai objek/ permukaan, kemudian menghasilkan gambar proyeksi yang sesuai dengan permukaan objek.
Video mapping merupakan sebuah teknik Nagapoker yang menggunakan pencahayaan dan proyeksi sehingga dapat menciptakan ilusi optis pada objek-objek.Objek-objek tersebut secara visual akan berubah dari bentuk biasanya menjadi bentuk baru yang berbeda dan sangat fantastis. Perubahan visual tersebut terjadi dari sebuah proyeksi yang menampilkan grafis video digital kepada suatu objek, benda, atau bidang.
Video Mapping sebagai metode baru yang menarik adalah bagian dari evolusi seni visual. Sebagai manifestasi pencitraan seni visual dan teknologi. Para seniman dapat mewujudkan ide yang mereka desain kedalam materi 3D apapun di dalam bentukan arsitektur.Video Mapping menggabungkan pemetaan film dan video sebagai strategi pertunjukkan. Disatukan dengan perjalanan visual-narasi kita dapat mempromosikan kepekaan lokal dan global dari identitas sebuah tempat, orang, dan sejarahnya.

No comments:

Post a Comment